Copyright © SA's World
Design by Dzignine
Jumat, 02 November 2012

Perangi Perfeksionisme ^^

"Perfeksionisme"


Hanya dengan satu kata yang begitu sederhana bisa membuat seseorang merasa tertekan dengan kehidupannya. Terlebih lagi bagi remaja yang baru saja menapaki jenjang kehidupan baru dimana mereka mulai menggali kemampuan diri hingga saat dewasa mereka bisa mendapatkan jati diri yang akan membawa mereka pada titik kesuksesan dengan kebahagiaan yang tak tertandingi.
Tapi siapa sangka keadaan itu membuat mereka justru semakin ambisius dengan target-target kehidupan mereka. Hal itu tak jarang membuat mereka justru kebablasan hingga menjadikan mereka seseorang yang perfeksionis dengan segudang target yang membebani kepala mereka. Beban itu tak seharusnya terasa begitu berat untuk seumuran anak-anak remaja. Tapi karena tekanan banyak pihak menjadikan beban itu tersa berat bahkan terkadang diri mereka sendiri. Mereka seharusnya mengimbangi perfeksionime mereka dengan sikap yang fleksibel dengan perubahan yang akan bermanfaat.

Sehingga untuk menjadi seorang yang tak terlalu berlebihan dalam hal perfeksionisme, kamu perlu menyadari ulang pandanganmu itu.

9 Tips untuk Memerangi Perfeksionisme

  1. Jadilah orang biasa untuk sehari saja. Biarkan diri kamu berantakan, terlambat, tidak lengkap.... tak sempurna. Kemudian rayakan keberhasilan kamu.
  2. Libatkan diri kamu pada kegiatan-kegiatan yang tidak menghasilkan angka atau tidak dinilai. Kegiatan yang terfokus pada prosesnya, bukan hasilnya.
  3. Ambillah resiko. Daftarkanlah diri untuk semua mata pelajaran yang terkenal menantang. Mulailah sebuah tugas atau belajarlah untuk sebuah tes tanpa harus berlebihan. Ubahlah rutinitas pagi hari kamu. Mulailah hari tanpa rencana.
  4. Biarkan dirimu membuat paling sedikit tiga kesalahan.
  5. Berhenti memakai kata 'seharusnya' ketika berbicara dengan diri sendiri. Hilangkan kata 'saya harus' dari percakapanmu.
  6. Ceritakanlah suatu kelemahan atau keterbatasan kamu pada seorang teman. Sadari bahwa ia tidak jadi kurang menghargai kamu karena mengetahui kelemahanmu itu.
  7. Akui bahwa harapan-harapanmu akan dirimu sendiri bisa jadi terlalu tinggi, atau justru tidak sesuai kenyataan.
  8. Bersyukurlah atas keberhasilanmu yang lalu. Tulislah mengenai betapa hal-hal tersebut membuat kamu merasa bahagia.
  9. Bergaullah. Bila kita bisa menerima ketidaksempurnaan diri sendiri dan orang lain serta merasa sebagai bagian dari kehidupan, kita tidak akan terlalu merasa kesepian.
Semoga salah satu dari tips itu atau bahkan beberapa darinya bisa kalian pergunakan untuk setidaknya menikmati kehidupan kalian agar lebih nyaman. Semoga bermanfaat. :)


Untuk melakukan hal yang baik di dunia,
Pertama kamu harus tau siapa dirimu
dan apa saja yang berarti dalam hidupmu.

0 komentar:

Posting Komentar

Enjoy It